twitter


Berhubung kemarin aku mual dan muntah, rasanya pengen berbagi sedikit ilmu yang kuadaptasi dari buku Fisiologi Kedokteran Guyton.

MUAL

Mual biasanya kita rasakan sebelum muntah. Menurut Guyton, mual adalah pengenalan secara sadar terhadap eksitasi bawah sadar pada daerah medula yang secara erat berhubungan dengan atau merupakan bagian dari pusat muntah. Mual juga dapat disebabkan oleh 3 hal:(1) impuls iritasi yang datang dari saluran pencernaan, (2) impuls yang berasal dari otak bawah yang berhubungan dengan motion sickness, (3) impuls dari korteks serebri untuk memulai muntah.
Namun muntah juga kadang terjadi tanpa diawali mual loh, itu membuktikan kalo cuma bagian2 tertentu dari pusat muntah yang berhubungan dengan pusat mual.

MUNTAH

Masih dengan Guyton, ia mendefinisikan muntah sebagai suatu aksi saluran pencernaan untuk membersihkan dirinya sendiri dari isinya ketika hampir semua bagian atas saluran pencernaan teriritasi secara luas, sangat mengembang (distended), atau bahkan sangat terangsang.
Distensi yang berlebihan atau iritasi duodenum nyebabin terjadinya rangsangan khusus yang kuat untuk muntah. Oke, di saluran pencernaan terutama lambung ada dua saraf yang kerja, yaitu simpatis n vagal. Impuls lalu ditransmisikan baik oleh saraf aferen vagal maupun oleh saraf simpatis ke pusat muntah bilateral di medulla. Di mana letak pusat muntah? Letaknya di dekat traktus solitarius setingkat nukleus motorik dorsalis vagus.
Oke. Setelah si impuls diolah oleh pusat muntah, impuls disalurkan ke saraf motorik yaitu saraf kraniales 5 (trigeminus), 7 (fasialis), 9 (glossofaringeus), 10 (vagus), dan 12 (hipoglossus) menuju saluran pencernaan bagian atas (lambung, esofagus). Selain lewat saraf kraniales, saraf motorik yang berperan adalah saraf spinalis, yang menuju diafragma dan otot abdomen.
Penyebab muntah tuh macem2, bisa karena rangsangan psikis seperti bau ga enak, perubahan gerakan tubuh mendadak, hamil, atau makanan yang mengiritasi saluran pencernaan, obat2an, dll.
Gimana terjadinya muntah? Awalnya terjadi gerakan antiperistaltik usus alias gerakan peristaltik yang kebalik. Normalnya kan peristaltik tuh ke bawah, klo orang yg mau muntah tuh gerakan peristaltiknya ke atas. Lalu kita akan bernapas dalam, tulang lidah dan laring kita naik ke atas untuk menarik sfingter esofagus atas supaya terbuka, lalu glotis tertutup, kemudian palatum mole (langit2 mulut yang lunak sebelah belakang) juga terangkat untuk menutupi nares (rongga hidung) posterior. Selanjutnya, muncul kontraksi kuat dari bawah diafragma dan otot dinding abdomen, akibatnya terjadi peningkatan tekanan intragastrik alias perut kayak diperes. Akhirnya sfingter esofagus bawah jadi berelaksasi sehingga isi lambung keluar deh. .

Pustaka:

Guyton&Hall. 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 9. EGC: Jakarta.

Published with Blogger-droid v1.7.4

0 comments:

Post a Comment

Ayoooo. . . . dikomen yaaa .. . . . .

Don't Ever Forget Why You were Born to This World!

Remember Your Creator, Your Majesty, Your Almighty, Your God, ALLAH in every single second you have. .